Emansipasi Wanita, Mengapa Tidak Pria?, artikel muslimah, fikih muslimah, dunia muslimah, seputar muslimah, kajian muslimah, muslimah ngaji, muslimah indonesia
Emansipasi Wanita, Mengapa Tidak Pria?

SEKARANG ini banyak orang menyerukan, terutama kaum wanita yang mengharapkan persamaan dengan kaum pria. Di mana pekerjaan dari kaum pria ingin juga dilakukan oleh kaum wanita. Lalu, bagaimana Islam memandang tentang hal ini?

Orang yang menyerukan persamaan hak wanita dan pria, mengapa tidak menuntut persamaan pria dengan wanita (emansipasi pria)?

Mereka menuntut agar wanita melakukan pekerjaan pria, tentunya menjadi wajib pula agar pria melakukan pekerjaan wanita. Kalau tidak, berarti ada ketimpangan, ketidakadilan, bahkan kezaliman dari persamaan hak itu sendiri.

Kalau wanita dituntut melakukan pekerjaan pria, sedangkan mereka tetap melakukan pekerjaan yang khusus bisa dikerjakan oleh kaum wanita saja, itu berarti meletakkan beban baru di atas pundak kaum wanita. Yang seperti itu, tidak bisa dikatakan sebagai persamaan hak, tetapi justru kezaliman terhadap kaum wanita.

Para wanita harus menilai bahwa orang yang menyerukan persamaan hak tersebut sebagai musuh mereka. Begitu pula orang yang menyerukan emansipasi wanita (persamaan hak) hendaknya menuntut kepada wanita agar melakukan semua pekerjaan pria, termasuk yang berat-berat. Tidak hanya memilih yang enak dan mudah saja. []


Sumber: Anda Bertanya Islam Menjawab/Karya: Prof. Dr. M. Mutawalli as-Sya’rawi/Penerbit: Gema Insani
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: