Pertanyaan :
Assalamu’alaikum.
Lebih utama mana antara menghormati ibu dan suami? Apakah
tidak bertentangan dengan sabda Rasulullah yang berbunyi: Siapa yang harus
dihormati, ibumu, ibumu, ibumu, baru bapakmu? Mohon penjelasannya. Terima
kasih.
Jawaban:
Wa alaikum salam warahmatullah wabarakatuh
Bagi seorang wanita yang belum menikah maka orang tua lebih
berhak untuk ditaati. Namun ketika ia telah menikah maka taat kepada suami
merupakan kewajiban yang lebih diutamakan melebihi orang tuanya. Ketaatan yang
dimaksud di sini tentu saja bukan hal yang berhubungan dengan perkara maksiat.
Sebagaimana sabda Nabi:
لا طاعة لمخلوق في معصية الخالق
“Tidak ada kewajiban taat kepada makhluk dalam bermaksiat kepada
Al Khaliq (Maha Pencipta). (HR. Bukhari no. 6830, Muslim no. 1840 dan Nasai
no. 4205).
Apabila ketaatakan kepada suami berseberangan dengan
ketaatan kepada orang tua, maka bagi seorang wanita (istri) muslimah wajib
mendahulukan ketaatan kepada suaminya. Imam Ahmad berkata tentang wanita yang
memiliki suami dan seorang ibu yang sedang sakit: “Ketaatan kepada suaminya
lebih wajib atas dirinya daripada mengurusi ibunya, kecuali jika suaminya
mengizinkannya”.
Seorang wanita tidak boleh mentaati kedua orang tuanya untuk
berpisah dengan suaminya, tidak pula mengunjunginya dan semisalnya. Bahkan
ketaatan kepada suaminya lebih wajib.
Kewajiban seorang istri untuk mentaati suaminya sangat tegas
dinyatakan dalam agama Islam. Hal ini tertuang dalam sabda Rasulullah
shallallahu alaihi wasallam:
عن أبي هريرة، عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: لو كنت آمرا أحدا أن
يسجد لأحد لأمرت المرأة أن تسجد لزوجها
Dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam
beliau bersabda: “Andai boleh kuperintahkan seseorang untuk bersujud kepada
yang lain tentu kuperintahkan seorang istri untuk bersujud kepada suaminya”.
(HR. Tirmidzi no. 1159).
Terkait masalah yang ditanyakan oleh saudara penanya maka
jawabannya tidak bertentangan karena konteksnya sudah berbeda. Berdasarkan
hadits riwayat Imam Ahmad dan Imam Nasai serta dishahihkan oleh Imam Hakim.
سألت النبي صلى الله عليه وسلم أي الناس أعظم حقا على المرأة قال
زوجها قلت فعلى الرجل قال أمه
Dari Aisyah RA: “Saya pernah bertanya kepada Nabi
shallallahu alihi wa sallam, siapakah yang paling besar haknya terhadap seorang
wanita?” Beliau menjawab: “Suaminya”. Aku bertanya lagi: “dan terhadap lelaki?”
Beliau menjawab: “ibunya”.
Jadi kesimpulannya adalah jika seorang wanita telah menikah
maka kepatuhan terhadap suami lebih utama ketimbang orang tua. Dan bagi seorang
lelaki meski ia sudah menikah maka kepatuhan terhadap orang tua tetap lebih
utama tanpa mengesampingkan urusan rumah tangganya.
Wallahu a’lam.
(Dijawab oleh: Al Murtadho).
Referensi:
1. Syarh Muntaha al Iradat juz 3 hal. 47
و) للزوج (منع كل منهن) أي: من زوجاته (من الخروج) من منزله إلى ما
لها منه بد ولو لزيارة والديها أو عيادتهما، أو شهود جنازة أحدهما قال أحمد في
امرأة لها زوج وأم مريضة: طاعة زوجها أوجب عليها من أمها إلا أن يأذن لها (ويحرم)
خروج زوجة (بلا إذن أو) بلا (ضرورة) كإتيان بنحو مأكل لعدم من يأتيها به لحديث
أنس: ” «أن رجلا سافر، ومنع زوجته الخروج فمرض أبوها فاستأذنت رسول الله صلى الله
عليه وسلم في حضور جنازته فقال لها: اتقي الله ولا تخالفي زوجك. فأوحى الله إلى
النبي صلى الله عليه وسلم إني قد غفرت له بطاعتها زوجها» ” رواه ابن بطة في أحكام
النساء، وحيث خرجت بلا إذنه بلا ضرورة (فلا نفقة) لها ما دامت خارجة عن منزله إن
لم تكن حاملا لنشوزها (، وسن إذنه) أي: الزوج لزوجته في خروج (إذا مرض محرم لها)
لتعوده (أو مات) محرمها لتشهده لما فيه من صلة الرحم وعدم إذنه يحمل الزوجة على
مخالفته وقد أمره الله تعالى بالمعاشرة بالمعروف وليس هذا منها
1. Al Inshaf juz 8 hal. 362
لا يلزمها طاعة أبويها في فراق زوجها، ولا زيارة ونحوها. بل طاعة
زوجها أحق
3. Tuhfah al Ahwadziy juz 4 hal. 271
لَوْ كُنْتُ آمِرًا أَحَدًا أَنْ يَسْجُدَ لِأَحَدٍ لَأَمَرْتُ
المَرْأَةَ أَنْ تَسْجُدَ لِزَوْجِهَا
قوله (لأمرت المرأة أن تسجد لزوجها) أي لكثرة حقوقه عليها وعجزها عن
القيام بشكرها وفي هذا غاية المبالغة لوجوب إطاعة المرأة في حق زوجها فإن السجدة
لا تحل لغير الله
4. Fathul Bari li Ibni Hajar juz 10 hal. 401
وأشار بن بطال إلى أن الترتيب حيث لا يمكن إيصال البر دفعة واحدة وهو
واضح وجاء ما يدل على تقديم الأم في البر مطلقا وهو ما أخرجه أحمد والنسائي وصححه
الحاكم من حديث عائشة سألت النبي صلى الله عليه وسلم أي الناس أعظم حقا على المرأة
قال زوجها قلت فعلى الرجل قال أمه ويؤيد تقديم الأم حديث عمرو بن شعيب عن أبيه عن
جده أن امرأة قالت يا رسول الله إن ابني هذا كان بطني له وعاء وثديي له سقاء وحجري
له حواء وإن أباه طلقني وأراد أن ينزعه مني فقال أنت أحق به ما لم تنكحي كذا أخرجه
الحاكم وأبو داود
5. Al Mausu’ah al Fiqhiyyah juz 19 hal. 109-110
وللزوج منع زوجته من الخروج من منزله إلى ما لها منه بد، سواء أرادت
زيارة والديها أو عيادتهما أو حضور جنازة أحدهما. قال أحمد في امرأة لها زوج وأم
مريضة: طاعة زوجها أوجب عليها من أمها إلا أن يأذن لها، وقد روى ابن بطة في أحكام
النساء عن أنس أن رجلا سافر ومنع زوجته من الخروج فمرض أبوها، فاستأذنت رسول الله
صلى الله عليه وسلم في عيادة أبيها فقال لها رسول الله صلى الله عليه وسلم اتقي
الله ولا تخالفي زوجك فأوحى الله إلى النبي صلى الله عليه وسلم: إني قد غفرت لها
بطاعة زوجها ولأن طاعة الزوج واجبة، والعيادة غير واجبة فلا يجوز ترك الواجب لما
ليس بواجب. ولا ينبغي للزوج منع زوجته من عيادة والديها، وزيارتهما لأن في منعها
من ذلك قطيعة لهما، وحملا لزوجته على مخالفته، وقد أمر الله تعالى بالمعاشرة
بالمعروف، وليس هذا من المعاشرة بالمعروف
Post A Comment:
0 comments: